5 Kebiasaan Buruk yang Sering Tidak Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan Featured

Ditulis Oleh | Jumat, 04 Oktober 2019 04:38 | Dibaca : 10 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 04 Oktober 2019 05:01
5 Kebiasaan Buruk yang Sering Tidak Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan

Tahukah anda kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan anda???

Dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, banyak kegiatan yang pastinya kita lakukan. Kegiatan tersebut bisa dikatakan menjadi rutinitas yang pastinya tidak pernah terlewat untuk dilakukan. Tanpa kita sadari, kebiasaan yang rutin dilakukan ini bisa membahayakan kesehatan diri sendiri. Misalnya, seperti terlalu banyak ngemil yang bisa membuat tubuh terlalu gemuk hingga terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan dapat mengganggu pola tidur kita. Dikutip dari Times of India,


  1. Terlalu banyak menonton TV
    Menonton TV lebih dari tiga jam dalam sehari dapat meningkatkan risiko kematian dini. Hal ini dikemukakan oleh ahli jantung American Heart Association, Nisa Goldberg. Ia mengatakan, menonton televisi merupakan kegiatan pasif dan tidak aktif.
    Orang yang melakukannya selama berjam-jam pastinya tidak akan memperhatikan gaya hidup dan pola makan. Dampaknya, pembuluh darah akan menjadi kaku dan mengarah pada penumpukkan kolesterol.
  2. Ngemil saat tidak lapar
    Makanlah di saat lapar dan berhenti saat kenyang. Seseorang tidak boleh mengabaikan atau mengganggu sinyal tubuh yang dapat memberitahukan saat lapar. Jika sinyal ini terganggu, maka akan menyebabkan seseorang makan secara berlebihan dan merusak kesehatan tubuh.
  3. Mengkonsumsi terlalu banyak obat penghilang rasa sakit
    Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit dapat meningkatkan risiko efek samping. Beberapa contohnya seperti tumbuh bisul, pendarahan gastrointestinal, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.
  4. Melewatkan sarapan
    Selalu terlambat atau bahkan tidak sarapan akan membuat seseorang mengkonsumsi lebih banyak kalori di malam hari dan pada akhirnya bisa memicu perasaan stres.
  5. Terlalu banyak kopi
    Terlalu sering dan dalam jumlah banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ini, dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan menimbulkan gangguan tidur seperti insomnia

Sumber : detikhealth

 

Ferderika Lobo

administrator puskesmas manutapen.. jabatan kasubag Tata Usaha.

www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.