Makanan yang harus di hidari sebelum tidur agar tidur kita nyenyak Featured

Ditulis Oleh | Jumat, 04 Oktober 2019 12:11 | Dibaca : 2 Kali
tidur sehat dimulai dari apa yang kita makan tidur sehat dimulai dari apa yang kita makan

Hindari Konsumsi 10 Makanan Ini Sebelum Tidur

Banyak hal yang dapat sebabkan gangguan tidur di malam hari. Terutama makanan yang dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur. Beda jenis makanan, beda pula efek yang dihasilkan pada tubuh. Seperti halnya jika makan es krim di malam hari justru akan membuat perut sakit setelah mengonsumsinya. Ini menjadikan beberapa makanan sebaiknya dihindari saat malam agar bisa tidur nyenyak.

Jika makanan yang Anda konsumsi tidak diperhatikan ketika hendak tidur, maka Anda akan sering terbangun di malam hari entah untuk sekadar minum air putih atau buang air yang menjadikan pola tidur terganggu. Berikut makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi jika ingin tidur dengan nyenyak :

  1. Tomat

Bagi Anda yang memiliki asam lambung, tomat dan makanan asam lainnya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di kerongkongan saat Anda tertidur.
Anda tetap bisa menikmati tomat namun harus dicampur dengan makanan non-asam lainnya agar dapat menyeimbangkan reaksi perut Anda.

  1. Cheese Burger

Cheese burger terkadang dapat dinikmati dari waktu ke waktu sebagai bagian dari diet sehat. Namun makan burger di malam hari bukan waktu yang tepat sebab burger mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Jumlah lemak jenuh yang berlebihan dapat memperlambat pengosongan lambung, meninggalkan makanan di perut Anda, sehingga aliran darah Anda akan diarahkan ke sana saat Anda mencoba untuk tertidur. Hal ini menyebabkan hormon tubuh berfokus pada pencernaan dan penyerapan, sehingga membuat Anda sulit tidur. Tubuh Anda akan menjadi lelah karena tidak bisa fokus untuk mendapatkan istirahat yang semestinya.

  1. Donat

Donat digoreng dan sangat tinggi gula sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan reaksi gula darah bagi sebagian orang. Jadi jika Anda makan donat di malam hari sebelum tidur, Anda akan merasakan gangguan pencernaan yang akan membuat Anda sulit tidur.

  1. Cokelat

Cokelat memang sering dijadikan camilan, namun tidak baik ngemil cokelat di malam hari sebab cokelat mengandung kafein dan akan menyebabkan Anda sulit tidur setelah memakannya. Solusinya Anda bisa menggantikannya dengan dark chocolate karena lebih rendah gula dan antioksidan lebih tinggi.

  1. Buah Kering

Buah kering sangat kaya serat dan gula, yang artinya, keduanya dapat menyebabkan sistem pencernaan terlalu aktif sehingga mengganggu sistem pencernaan Anda. Serat memiliki begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa tetapi dengan makan buah kering larut malam, akan menyebabkan Anda memiliki banyak serat terlalu cepat yang dapat menimbulkan gas dan perut kembung. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah segar dengan porsi kecil, seperti apel atau buah berry.

  1. Makanan yang pedas

Makanan pedas tentu akan mengganggu Anda saat sedang tidur. Makanan yang mengandung banyak capsaicin atau senyawa yang membuat cabai pedas justru sebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan. Hal ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi di malam hari. Makanan pedas juga dapat mengganggu seseorang dengan sindrom iritasi usus, jadi jika Anda memiliki perut yang sensitif, lebih baik mengurangi bumbu pedas di siang hari dan menghindarinya di malam hari.

  1. Pizza

Anda tentu menyukai makanan asal Italia ini. Makan pizza pada malam hari memang sangat menggoda, tetapi hindari jika Anda ngidam pizza sebelum tidur. Saus tomat yang asam, keju yang tinggi lemak dan roti olahan pada pizza dapat membuat Anda sakit perut saat tengah malam. Selain itu, makan pizza pada saat makan malam akan menambah banyak kalori yang tidak Anda butuhkan. Pasalnya pizza sendiri disajikan dengan berbagai macam topping atau bahkan tambahan ekstra keju.

  1. Steak

Steak tetap aman dikonsumsi jika dimakan dengan ukuran porsi yang sesuai. Namun jika Anda makan malam dengan steak yang terlalu banyak, akan mengakibatkan seluruh tubuh kekenyangan sehingga membuat Anda sulit tidur. Seperti diketahui, steak tinggi kandungan protein dan lemak.

  1. Sereal tinggi gula

Oatmeal dari biji-bijian, sereal, muffin, atau granola yang memiliki terlalu banyak gula ini sangat tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Banyaknya gula ini akan mengganggu tubuh Anda, sehingga lebih sulit untuk tertidur. Hindari sereal yang mengandung gula dan cari sereal dengan jumlah gula rendah dan sedikit serat.

  1. Kripik

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti menemukan bahwa makanan berminyak, seperti keripik menyebabkan mimpi buruk. Jadi Anda tidak hanya akan kesulitan untuk tertidur dengan cepat, tetapi juga Anda mungkin akan terbangun di tengah malam. Sebagai gantinya, Anda bisa makan popcorn buatan sendiri untuk mendapatkan makanan asin renyah yang Anda inginkan.

Sumber:detikhealth

sumber : detikhealth

Ferderika Lobo

administrator puskesmas manutapen.. jabatan kasubag Tata Usaha.

www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.