Tahun 2018 Puskesmas Manutapen Launching Puskesmas Peduli TBC Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:36 | Dibaca : 671 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 04:50
launching peduli TBC launching peduli TBC pusk.mtp

Puskesmas Manutapen sebagai “Puskesmas Peduli TBC” yang ada di Kota Kupang terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat. drg. Hariyono selaku kepala Puskesmas Manutapen mengungkapkan bahwa ada beberapa kegiatan yang telah di lakukan dalam mewujudkan inovasi Puskesmas Mantapen sebagai Puskesmas Yag Peduli TBC yaitu sebagai berikut :


  1. Kegiatan Penggalangan dukungan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kader, Ketua RT/RW, Lurah dan Masyarakat untuk mendukung Puskesmas dalam mewujudkan inovasi tersebut. Kegiatan ini di lakukan di seluruh RT yang ada di wilayah kerja Puskesmas Manutapen ( Kel. Manutapen : 33 RT, Kel. Fatufeto : 26 RT, Kel. Mantasi : 8 RT). Partisipasi masyarakat sangat baik dalam mengikuti kegiatan tersebut.
  2. Kegiatan Ketuk Pintu TBC. Kegiatan ini di lakukan dengan cara petugas kesehatan melakukan kunjungan rumah melakukan dialog, KIE, dan memastikan tanda dan gejala jika ada anggota keluarga yang di duga suspek TBC untuk di rujuk ke Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Petugas kesehatan, kader, Ketua RT melakukan kunjungan rumah ini secara bersama-sama. Dalam kegiatan ini juga di tempelkan stiker ketuk pintu.
  1. Puskesmas menyiapkan ruangan “SPUTUM BOOTH” yaitu sebuah ruangan yang di buat khusus untuk mengambil dahak suspek TB sebelum di bawah ke Laboratorium Puskesmas untuk di periksa lebih lanjut.
  2. Puskesmas juga menyiapkan ruangan “DOTS CENTER” yaitu sebuah ruangan yang di buat khusus untuk melayanu penderita TBC darimulai konseling, pemeriksaan, pemberian obat sampai pasien sembuh
  3. Kegiatan Launching sebagai bentuk Legalitas Puskesmas Manutapen sebagai Puskesmas Peduli TBC. Kegiatan Launching ini di laksankanan pada tanggal 10 April 2018. Kegiatan ini di hadiri oleh wakil walikota Kupang, Bpk. dr. Hermanus Man, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Camat Alak, Lurah Manutapen, Lurah Fatufeto, Lurah Mantasi, seluruh ketua RT/RW, kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Manutapen serta selurh staf Puskesmas Manutapen.(jhogerlo)

 

Ferderika Lobo

administrator puskesmas manutapen.. jabatan kasubag Tata Usaha.

www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.