Ferderika Lobo

Ferderika Lobo

administrator puskesmas manutapen.. jabatan kasubag Tata Usaha.

Website URL: http://www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Mari Waspada Penyakit Pada Musim Kemarau

Jumat, 04 Oktober 2019 12:32

Waspada 6 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau melanda seperti saat ini, daya tahan tubuh cenderung menurun. 

Trik Perkenalan Makanan Baru Pada Anak

Jumat, 04 Oktober 2019 11:36

Metode kenalkan makanan baru pada anak

Tahukah anda kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan anda???

Dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, banyak kegiatan yang pastinya kita lakukan. Kegiatan tersebut bisa dikatakan menjadi rutinitas yang pastinya tidak pernah terlewat untuk dilakukan. Tanpa kita sadari, kebiasaan yang rutin dilakukan ini bisa membahayakan kesehatan diri sendiri. Misalnya, seperti terlalu banyak ngemil yang bisa membuat tubuh terlalu gemuk hingga terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan dapat mengganggu pola tidur kita. Dikutip dari Times of India,

Kegiatan Kaji Banding Puskesmas Manutapen ke Puskesmas Pucang Sewu Kota Surabaya

Tim Puskesmas Manutapen melakukan kegiatan kaji Banding ke Puskesmas Pucang Sewu kota Surabaya dari  tanggal 25-28 September 2019. Kegiatan Kaji banding ini dilakukan dalam rangka peningkatan mutu, perluasan pengetahuan, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundan-undangan dan lain sebagainya. Banyak masukan, informasi yang didapat dari Puskesmas Pucang Sewu yang bisa di adopsi untuk di terapkan di Puskesmas Manutapen

            Mari papa, mama saudara-saudara semua kita bersama-sama melindungi buah hati kita dari bahaya penyakit Campak dan Rubella melalui Imunisasi MR

  1. Pengertian

Imunisasi MR adalah Upaya pencegahan penularan Penyakit Campak dan Rubella di masyarakat dengan cara pemberian vaksin MR secara massal pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun.

  1. Waktu Pelaksanaan

Pada Bulan Agustus bagi anak usia sekolah 7 tahun s.d < 15 tahun (SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/sederajat) sedangkan pada bulan September bagi anak usia <  7 tahun di laksanakan di posyandu, Puskesmas dam Sarana Pelayanan Kesehatan Lainnya.

  1. Kenapa Harus Imunisasi MR?

Rubela dapat menyebabkan keguguran atau kecatatan pada bayi yang dilahirkan meliputi :

  1. Kelainan pada jantung dan mata
  2. Ketulian
  3. Keterlambatan perkembangan

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti :

  1. Radang Paru (Pnemonia)
  2. Radang Otak (Ensefalitas)
  3. Kebutaan
  4. GIzi Buruk
  5. Bahkan Kematian

 

  1. Tanda dan Gejala

Gejala Penyakit Campak : demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) di sertai dengan batuk, pilek dan mata merah (konjungtivitas).

Gejala Penyakit Rubella : tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. Gejala Umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian. Mirip gejala flu.

 

Selamat siang, salam sehat

Pelaksanaan Kegiatan Keluarga Sehat di Puskesmas Manutapen selama bulan Juli 20018 oleh tin pendataan KS Puskesmas Manutapen. Kegiatan Pendataan di lakukan di Kelurahan Manutapen.

             Pendataan keluarga sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK) adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya dengan melibatkan program esensial dan non esensial.

Tujuan Pendataan keluarga sehat dengan pendekatan keluarga adalah untuk meningkatkan akses pelayanan komprehensif meliputi pelayanan promotif dan preventif serta pelayanan kuratif dan rehabilitatif Puskesmas Manutapen

Tim Pendataan KS Puskesmas Manutapen melakukan kunjungan setelah jam pelayanan yaitu setiap hari jam 12.00 sampai dengan selesai. Senmagat tim ini sangat baik demi mendata semua warga di Kelurahan Manutapen

Adapun 12 Indikator Keluarga Sehat Meliputi :

  1. Mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
  2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif
  5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
  6. Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
  7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
  8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
  12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat.

 

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Jumat, 27 Juli 2018 06:08

Bila dikonsumsi dalam batasan yang dianjurkan, rumput laut memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah di antaranya:

  1. Mendukung fungsi kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan proses perbaikan sel yang rusak pada tubuh. Beberapa jenis rumput laut, seperti nori, wakame dan kelp memiliki kandungan yodium yang tinggi sebagai salah satu mineral yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tersebut.

Selain itu, rumput laut juga mengandung asam amino tirosin, yang juga dibutuhkan bagi kelenjar tiroid untuk menjalankan fungsinya.

  1. Sumber vitamin dan mineral yang baik

Masing-masing jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Menambahkan sedikit rumput laut dalam menu makanan sehari-hari tidak hanya menambahkan cita rasa dan tekstur pada makanan Anda, namun juga merupakan cara yang baik untuk menambah asupan vitamin dan mineral.

Rumput laut mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta asam folat, zink, natrium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, rumput laut juga dapat menjadi sumber yang baik untuk lemak omega-3 dan vitamin B12. Protein yang terkandung pada beberapa jenis rumput laut, seperti spirulina dan chorella, juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengandung berbagai antioksidan

 Antioksidan dapat membantu menurunkan reaktivitas dari radikal bebas, yakni zat tidak stabil yang terdapat pada tubuh. Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu.

Dengan konsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah. Beberapa komponen tertentu yang terkandung pada rumput laut seperti flavonoid dan karotenoid, diketahui dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Sumber baik dari serat dan polisakarida

Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran cerna. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

 

 

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Salah satu penelitian yang dilakukan selama 8 minggu pada hewan percobaan menunjukkan bahwa konsumsi rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, serta trigliserida dengan proporsi yang cukup bermakna. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil penelitian tersebut.

Rumput laut merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering dikonsumsi di beberapa negara Asia. Berbagai dampak positif bagi kesehatan seperti di atas bisa Anda dapatkan bila mengonsumsi rumput laut secara rutin. Meski demikian, konsumsi rumput laut juga tidak perlu berlebihan dan sebaiknya dikombinasikan dengan sumber makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Sumber : dr. Nitish Basant Adnani BMedSc

Halaman 1 dari 3