Ferderika Lobo

Ferderika Lobo

administrator puskesmas manutapen.. jabatan kasubag Tata Usaha.

Website URL: http://www.puskmtp.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pandemi Covid-19 telah menyita perhatian masyarakat di seluruh dunia, bahkan Indonesia. Secara langsung wabah Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya. Meskipun di tengah pandemi, para orang tua tentunya menginginkan anaknya tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik.

Pemberian suplementasi vitamin adalah salah satu upaya untuk menjaga anak dalam keadaan sehat. Bulan Agustus adalah Bulan Vitamin A, dimana pada bulan ini anak mendapatkan suplementasi vitamin A dan dalam setahun diberikan 2 kali pada bulan Februari dan Agustus. Mengapa vitamin A sangat penting sampai ada bulan khusus untuk pemberiannya?Bahkan, pada masa pandemi ini jangan sampai terabaikan.

Vitamin A/retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi serta integritas sel epitel pelapis tubuh. Selain itu, vitamin A dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Kekurangan vitamin A pada ibu hamil juga berisiko meningkatkan kebutaan. Oleh sebab itu WHO berserta UNICEF bekerja sama dengan The Micronutrient Initiative mengkampanyekan “The Vitamin A Global Initiative” yang salah satunya dengan pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi 2 kali dalam satu tahun kepada kelompok-kelompok masyarakat yang rentan mengalami kekurangan       vitamin A. Vitamin A tidak bisa dibuat oleh tubuh, jadi harus dipenuhi dari luar, yaitu melalui makanan atau dengan suplementasi vitamin A. Maka dari itu, pandemi Covid-19 bukan halangan bagi orang tua untuk tetap  memberikan suplementasi vitamin A pada anak.

Terkait dengan dosisnya, kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6 – 11 bulan. Sementara, kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12 – 59 bulan. Bagi ibu yang baru saja melahirkan, vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga dapat diberikan kepada ibu nifas. Kapsul vitamin A bisa didapatkan di semua fasilitas pelayanan kesehatan dan posyandu secara gratis.

Keindahan alam semesta kita rasakan dengan indra mata kita. Tidak terbayangkan gelapnya dunia tanpa sempurnanya fungsi mata kita, sehingga menjaga kesehatan mata menjadi kewajiban kita semua sejak masa balita. Salah satu unsur zat gizi yang sangat diperlukan dalam rangka menjaga kesehatan mata adalah vitamin A, terutama untuk para Balita. Jadi tunggu apa lagi segera bawa BALITA Anda ke Posyandu / Puskesmas / RS terdekat untuk mendapatkan kapsul Vitamin A karena bulan Agustus adalah bulannya pemberian Vitamin A.

Dalam rangka upaya pencegahan penularan Virus Corona di Kelurahan Mantasi, maka pihak kelurahan bekerjasama dengan pihak Promkes  Puskesmas Manutapen, melaksanakan kegiatan pembagian masker kain gratis kepada seluruh  masyarakat  di wilayah kelurahan Mantasi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2020, yang melibatkan Promkes Puskemas Manutapen, Bapak Lurah Mantasi, Babinsa Kelurahan, serta Ketua RT 01-08 di kelurahan Mantasi. Warga masyarakat sangat antusias akan kegiatan ini.

Kupang,11 Juli 2020

Untuk lomba posyandu balia tingkat kota kupang tahun 2020, UPTD Puskesmas Manutapen bersama Lurah dan TP PKK Kelurahan mewakilkan dua posyandu balita yaitu Posyandu Balilta Mini Indah I di Kelurahan Mantasi dan Posyandu Balita Melati V di Kelurahan Fatufeto.

Penilaian posyandu dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2020 oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kota Kupang dan TP PKK Kota Kupan di posyandu balita mini indah I dan posyandu melati V. hadir dalam kegiatan ini Lurah Mantasi, Lurah Fatufeto beserta ketua TP PKK kelurahan,  RT dan RW di wilayah posyadu.

Ketua Tim Penilai Pokja PKK  berharap agar sebagian dari alokasi Dana dipergunakan untuk progam pembangunan non fisik, bisa lebih di arahkan untuk kegiatan PKK dan Posyandu. Dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa Kegiatan lomba Posyandu ini merupakan yang program rutin Pemerintah Kota Kupang. Dalam hal ini sebagai penanggungjawab dari  Dinas Kesehatan dan penggerak PKK Kota Kupang.

Kegiatan Penilaian ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan juga kinerja para kader Posyandu agar lebih optimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga kesehatan masyarakat khususnya Ibu hamil dan balita dapat terpantau. Dengan adanya penilaian ini, para kader posyandu bisa lebih optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya ibu hamil dan Balita.

Mari Waspada Penyakit Pada Musim Kemarau

Jumat, 04 Oktober 2019 12:32

Waspada 6 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau melanda seperti saat ini, daya tahan tubuh cenderung menurun. 

Halaman 1 dari 2